Subaru Leone GSR - Perjuangan ke Salatiga











Koleksi coupe lawas berikutnya adalah sebuah produk langka Subaru Leone GSR. Mobil ini keluaran tahun 1975 dengan engine bawaan kapasitas 1400 cc rakitan Fuji dari Jepang. Bentuk mobil ini cukup unik dengan grill depan yang cukup menonjol dan bagian belakang dengan tipe fastback.

Saya mendapatkan mobil ini dari seorang kolektor di Salatiga Jawa Tengah. Cukup berat perjalanan untuk mendapatkan mobil ini karena saya harus ke Jawa Tengah. Jumat malam sehabis kerja saya beserta adik dan satu orang teknisi berangkat ke Salatiga menggunakan Ford Escape tercinta. Sabtu pagi tiba di lokasi, dan langsung melihat kondisi mobil yang masih berupa bahan ini. Cukup komplit list-list nya dan surat2 sangat lengkap (tidak mati pajak).

Mobil ini konon bersaing dengan mobil-mobil coupe lain keluaran Jepang di kancah rally WRC. Sebut saja Mazda 808 dan Celica GT (lihat gambar brosur). Akhirnya setelah memastikan kondisi mesin dan lampu-lampu ok, kami berangkat kembali menuju Jakarta. Mobil beriringan dengan Subaru berada di depan Escape untuk mamastikan jika ada kendala di jalan.

Ternyata cukup bandel juga mobil Subaru ini, dijalanan bisa mampu digeber dengan kecepatan 80-90 km/jam. Sedikit kendala ditemui saat kami sudah memasuki daerah Pekalongan dan hari sudah malam, lampu depan tiba2 mati…wah terpaksa harus berhenti di pom bensin untuk merepair nya. Tidak salah saya mengajak mas Yono, teknisi handal yang juga tetangga saya di Depok karena problem bisa dapat diatasi dan kami bisa melanjutkan perjalanan setelah istrahat tidur beberapa jam.

Sampai di Jakarta memasuki pukul 10 pagi dan kami langsung menuju rumah mas Yono untuk “titip” overhaul mesin dan transmisinya. Dengan network yang dimiliki, mas Yono masih bisa mendapatkan beberapa komponen engine dari toko suku cadang di Senen dan Sawahbesar. Sekarang tinggal mengunggu pengerjaan bodi…tapi sepertinya harus ditunda dulu ….. menabung dulu agar untung:) See you on the next update kalau tabungan sudah cukup.