Vintage SUV - Wagoneer van Bandung







Sejak rutin membeli majalah Jip saya jadi terekspos dengan kendaraan2 4wd. Tapi berhubung "dunia" yang saya geluti kebanyakan berbau jaman dulu maka untuk 4wd pun saya banyak cenderung ingin mengkoleksi mobil jadul tipe ini.






Suatu Sabtu muncul iklan jeep wagoneer di koran, namun saya hanya lihat sekilas karena belum tahu bentuknya. Sampai suatu saat saya browse di internet dan menemukan beberapa referensi gambar wagoneer ini. Buru2 saya hubungi pemasang iklan di koran tersebut dan ternyata barang masih ada. Mobil ini bermesin 6 silinder, 3200cc 4wd dan setir di sisi kiri:)






Setelah itu kami sepakat untuk saling email dan akhirnya saya bisa mengetahui photo dari mobil yang diiklankan. Modelnya cukup gagah dan dengan warna military green nya menambah "keanggunan" wagoneer ini. Saya sedikit mencari referensi ke beberapa kenalan yang tahu 4wd; konon mobil ini hanya masuk ke Indonesia dengan 2 jalur. Pertama adalah mobil militer, kedua adalah hibah dari WHO. Jadi prinsipnya di Indonesia tidak ada satu ATPM pun yang mewakili di Indonesia. Di satu sisi hal ini mungkin membuat kita berfikir dua kali mengenai ketersediaan suku cadang nya, namun disisi lain ada juga rasa ke-langkaan nya.






Cukup lama saya bimbang antara mau ambil atau tidak, akhirnya saya putuskan untuk ambil. Mobil berlokasi di Bandung sehinga saya harus menempuh 2 jam untuk tiba di lokasi. Ford Everest menemani saya ke Bandung Sabtu pagi itu. Tiba dilokasi saya langsung ketemu dengan pemilik mobil. Untuk beberapa saat saya melihat kelengkapan serta kondisi bodi secara visual, setelah itu saya minta tolong kepada yang punya untuk membawa saya mutar2 di sekitar lokasi berhubung saya belum terbiasa memakai setir kiri.






Saya akhirnya putuskan untuk langsung menggendong mobil ini ke rumah orang tua saya di Jawa Timur karena keterbatasan ruang parkir di tempat tingal saya. Handy Towing datang beberapa saat kemudian dan langsung menggendong mobil ke Jawa Timur. Rencananya saya akan sedikit modifikasi di dapur pacunya supaya bisa untuk daily use. Yang ada dibenak adalah mesin Hilux bekas....moga2 nemu jalan mulus.