Daftar Mobil Bebas Masalah

Memiliki mobil yang bebas masalah pastinya menyenangkan, tak perlu khawatir ketika berkendara di jalanan. Apa kira-kira mobil paling bebas masalah?

Dalam survei di AS yang digelar Consumer Reports, produsen Jepang rupanya masih yang teratas dalam daftar.

Pabrikan seperti Toyota dan Honda melalui berbagai mereknya masih dianggap sebagai mobil yang paling bebas masalah. Tapi awas, dua pabrikan Amerika Ford dan GM mulai menyusul.

Ford dan GM terus mempersempit jarak dengan pabrikan Asia tersebut dalam hal kualitas daya tahan mobil-mobil mereka, sehingga perbaikan beberapa tahun terakhir ini membuat merek mereka dianggap sebagai mobil bebas masalah.

Beberapa model tersendiri dari Ford memiliki kualitas lebih baik dari Toyota. Kebangkitan Ford terus dilakukan sejak lima tahun lalu, yang dipimpin oleh sedan menengah Ford Fusion. Ford peringkat 10, bangkit dari tahun lalu yang berperingkat 16.

GM pun tak mau kalah. Sebanyak 69 model GM dianggap memiliki kehandalan yang lebih baik, naik dari sebelumnya yang hanya 21 model, dengan Chevrolet sebagai merek GM teratas diperingkat 17, naik dari sebelumnya di peringkat 25.

Apalagi hal tersebut diperkuat dengan tindakan GM yang membuang merek-merek yang dianggap berkualitas rendah seperti Saturnus, Hummer dan Pontiac, dan menggantinya dengan model yang lebih baik seperti Chevrolet Equinox dan Buick Lacrosse.

Sementara Toyota, dalam tiga tahun berturut-turut selalu mengandalkan merek Scion sebagai mobil paling sedikit masalah berada di peringkat enam, turun dari tahun lalu di peringkat 3.

Scion, menjadi pemuncak karena menjual hanya tiga model, xD hatchback, xB wagon dan tC coupe. Model-model ini belum diubah sehingga memiliki masalah yang lebih sedikit.

Peringkat Scion diikuti oleh Porsche, Acura, Honda, dan Nissan Infiniti. Sedangkan Lexus, yang telah menjadi mobil terbaik ditahun terakhir ini, jatuh ke posisi sembilan.

Toyota umumnya bernasib baik dalam survei yang melibatkan 960.000 konsumen ini, meskipun ada kasus recall lebih dari 10 juta unit di seluruh dunia untuk masalah keselamatan.

Selamatnya Toyota karena dalam survey tersebut, konsumen diminta untuk
mengabaikan kasus recall, kecuali mereka telah mengalami masalah karenanya, sebagaimana dilansir The Huffington Post, Kamis (28/10/2010).

Sementara Honda, adalah produsen mobil yang paling handal dan bebas masalah, dengan merek Honda dan Acura konsisten diperingkat atas dari hasil survei karena Honda terus melakukan penekanan lanjutan pada kualitasnya.

Chrysler menampilkan 27 merek dalam survey tersebut, dengan Jeep di rangking 20 dan Dodge di peringkat 24. Tapi, dari sekian banyak mereknya, tidak ada mobil-mobil Chrysler yang mencetak rangking di atas rata-rata dalam hal kehandalannya.


Berikut daftar mobil bebas masalah dari survei Consumer Reports

Rangking dan Merek:
1. Scion
2. Porsche
3. Acura
4. Honda
5. Infiniti
6. Toyota
7. Subaru
8. Volvo
9. Lexus
10. Ford
11. Hyundai
12. Mazda
13. KIA
14. Nissan
15. Lincoln
16. VW
17. Chevrolet
18. Buick
19. Cadillac
20. Jeep
21. GMC
22. Mercedes-Benz
23. BMW
24. Dodge
25. MINI
26. Audi
27. Chrysler



Bookmark and Share