kerja mesin 4 langkah ( 4 tak)

Hari ini, mesin pembakaran internal di dalam mobil, truk, motor, pesawat terbang, konstruksi mesin dan banyak lainnya, paling sering menggunakan siklus empat-stroke. Empat stroke mengacu pada asupan, kompresi, pembakaran (power), dan knalpot stroke yang terjadi selama dua putaran poros engkol per siklus kerja mesin bensin dan mesin diesel. Deskripsi teknis yang kurang dari empat-stroke siklus adalah, "Suck, Squeeze, Bang, Blow"  Siklus dimulai pada top dead center (TDC), ketika piston yang paling jauh dari sumbu poros mesin. A stroke mengacu pada perjalanan penuh dari piston dari Top Dead Center (TDC) to Bottom Dead Center (BDC). (Lihat Mati pusat.)  
 Stroke 1 dari 4 "Suck": Di asupan atau induksi stroke piston, piston turun dari atas silinder ke bagian bawah silinder, mengurangi tekanan di dalam silinder. Sebuah campuran bahan bakar dan udara dipaksa oleh atmosfer (atau lebih) tekanan ke dalam silinder melalui intake port. Intake valve (s) kemudian tutup.  
Stroke 2 dari 4 "Squeeze": Dengan kedua intake dan exhaust katup tertutup, piston kembali ke bagian atas silinder menekan campuran udara-bahan bakar. Hal ini dikenal sebagai stroke kompresi.  
Stroke 3 dari 4 "Bang": Sementara piston berada pada atau dekat ke Atas Mati Pusat, yang terkompresi campuran udara-bahan bakar dinyalakan, biasanya oleh busi (untuk bensin atau siklus Otto mesin) atau dengan panas dan tekanan kompresi (untuk siklus diesel atau mesin pengapian kompresi). Tekanan besar yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar yang dikompresi campuran udara-drive piston kembali turun ke pusat mati bawah dengan kekuatan yang luar biasa. Hal ini dikenal sebagai kekuatan stroke, yang merupakan sumber utama dari torsi mesin dan kekuasaan.  Stroke 4 dari 4 "Tiuplah": Selama knalpot stroke, piston sekali lagi kembali ke atas tengah-tengah sementara katup buang terbuka. Tindakan ini evacuates produk pembakaran dari silinder dengan mendorong menghabiskan campuran udara-bahan bakar melalui katup pembuangan (s).