Mazda Pamerkan RX8 Berbahan Bakar Hidrogen

Ada yang menarik dalam gelaran balap ketahanan 24 jam di Le Mans Prancis tahun ini. Pabrikan Jepang, Mazda akan menampilkan mesin terbarunya pada model RX8 Coupe Sport.

Sebuah mesin rotari revolusioner khas RX8, namun kali ini bahan bakarnya bisa diisi dengan hidrogen cair, yang disebut Mazda dengan nama Mazda RX8 HydrogenRE.

Mazda akan menjadikan RX8 hidrogen di ajang balap ketahanan Le Mans ini sebagai demonstrasi teknologi balap untuk Le Mans di masa depan.

Seperti dilansir Autoevolution, Kamis (3/6/2010) Mazda RX-8 Hidrogen RE ini diaktifkan oleh sebuah mesin rotari yang sangat efisien dengan pembakaran hidrogen nol-emisi.

Sistem pembakarannya kini sudah menganut dual-fuell, sehingga selain bahan bakar hidrogen, RX8 ini juga masih bisa meminum bensin sebagai bahan bakarnya.

Sebelumnya, dengan model yang sama RX8 rotari bensin, Mazda berhasil memenangkan balap ketahanan 24 jam di Le Mans ini tahun 1991, yang dikemudikan oleh Yojiro Terada.

Demonstrasi dari Mazda RX-8 Hidrogen RE dijadwalkan pada hari Sabtu, 12 Juni, mulai pukul 12.30 waktu setempat, mobil ini akan dipamerkan untuk umum di Paddock H sirkuit Le Mans.

Mazda RX-8 Hydrogen RE ini juga nantinya akan ditawarkan kepada masyarakat umum, seperti RX8 yang saat ini tersedia untuk disewakan di Jepang dan Norwegia.



Bookmark and Share