Mobil James Bond dalam Goldfinger dan Thunderball Dilelang

Salah satu mobil yang pernah menjadi ikon dan kendaraan tokoh James Bond, Aston Martin DB5 rencananya akan segera dilelang pada akhir Oktober mendatang di London, Inggris.

Diperkirakan mobil yang akan dilelang oleh RM Auction ini akan menembus angka lelang hingga US$ 5 juta atau sekitar Rp 45,9 miliar.

"(Mobil ini) Terkenal di seluruh dunia dengan nomor registrasi asli dari Inggris, 7B FMB, Aston Martin ini juga satu diantara dua mobil produksi yang tersisa. DB5 asli yang digunakan Sean Connery dalam film populer Goldfinger dan Thunderball," demikian rilis Rumah Lelang RM Auction seperti kutip dari Autoevolution, Rabu (2/6/2010).

Dan yang tentunya paling menarik adalah aplikasi berbagai gadget khas Bond hasil olahan ahli spesial efek yang telah memenangi piala Oscar, John Stears seperti senapan mesin, perisai anti peluru, plat nomor yang dapat berputar, pelacak, atap yang dapat ditanggalkan, spray penyebar minyak hingga penyebar paku dan asap.

Kesemua peralatan James Bond tersebut dapat dioperasikan dengan mudah melalui panel yang tersembunyi di arm rest tengah kendaraan.

Mobil ini sendiri awalnya hanya dipinjamkan Aston Martin kepada EON Productions untuk syuting kedua film James Bond tersebut dan kembali ke markas Aston Martin ketika penggarapan film selesai.

Selanjutnya pada tahun 1969 mobil ini dijual kepada seorang penyiar radio bernama Jerry Lee dengan harga hanya US$ 12.000 saja yang menjadi pemilik pertama mobil ini.

Rencananya hasil dari pelelangan mobil Bond ini akan disalurkan ke Jerry Lee Foundation yang fokus membahas masalah-masalah sosial yang terkait dengan kemiskinan dan pencegahan kejahatan.

"FMP 7B disajikan dalam kondisi sangat asli dan baru saja direstorasi dengan hati-hati oleh RM Auto Restoration, (mobil ini) kembali ke kondisi terbaiknya setelah bertahun-tahun statis di rumah Mr Lee," pungkas rumah lelang terkemuka itu.

Sebelumnya mobil Aston Martin DB4 yang digunakan untuk 'latihan' Sean Connery di film James Bond tadi juga sudah akan dilelang dan diperkirakan akan laku sampai 84 ribu Poundsterling atau sekitar Rp 1,1 miliar.

Angka tersebut jauh lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya yang hanya ada diantara 40.000-50.000 poundsterling atau sekitar Rp 534,47-668 jutaan. Dan karenanya, tidak menutup kemungkinan DB5 juga akan mengalami hal yang serupa.



Bookmark and Share